Salah satu kegiatan pelayanan gizi di RSUD Bangli adalah pengorderan makanan pasien khususnya pasien VIP yang biasanya dilakukan oleh pramusaji. Tenaga pramusaji pada umumnya melakukan order makanan kepada pasien secara manual dengan menanyakan langsung dan mencatat pada kertas. Hal ini tentu tidak akan efisien secara waktu dan biaya. Selain itu, resiko terjadinya kesalahan pemberian diet baik karena pesanan tertukar, pesanan tidak tercatat, dan sebab lain akibat human eror lebih besar. Untuk itu terciptalah platform “Ayo Makan (Aplikasi Order Makanan Pasien di Ruang VIP Berbasis Scan Barcode)”. Tujuan dari inovasi ini adalah meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di RSUD Bangli. Adapun sasaran dari inovasi ini adalah seluruh pasien VIP di RSUD Bangli. Sebanyak 279 orang pasien yang telah menggunakan aplikasi “AyO MAKAN” selama tahun 2024 diminta kesediaannya untuk mengisi formulir customer feedback. Dari 279 pasien yang mengisi survei diperoleh sebanyak 263 sampel (94,3%) menyebutkan bahwa aplikasi “Ayo MAKAN” mudah digunakan. Seluruh sampel (100%) menyebutkan bahwa aplikasi ini sangat membantu. Seluruh sampel (100%) menyebutkan puas terhadap pelayanan Nutrisionis RSUD Bangli. Seluruh sampel (100%) menyebutkan puas terhadap pelayanan pramusaji RSUD Bangli. Hampir seluruh sampel yaitu 275 orang (98,6%) puas dengan menu makanan VIP di RSUD Bangli. Terdapat sebanyak 16 sampel (5,7%) yang agak kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi ini. Inovasi ini sangat mungkin untuk direplikasikan di tempat lain karena inovasi ini tergolong mudah dan murah dalam proses pembuatannya.
Inovator Team: Perorangan / kelompok / Institusi / Perusahaan / Organisasi
© 2025 IHIA – Indonesia Healthcare Innovation Awards Made with purpose. Supported by UPQuality
Comment Form