Puskesmas Dinoyo sebagai salah satu garda terdepan fasilitas kesehatan di Kota Malang berupaya menciptakan kolaborasi teknologi informasi, inovasi dan partisipasi masyarakat untuk membawa perubahan positif menuju layanan kesehatan yang dinamis, cerdas dan berkelanjutan. Pemanfaatan teknologi memungkinkan peran serta aktif masyarakat dalam mengakses layanan secara langsung, cepat dan lebih terbuka. Puskesmas Dinoyo menginisiasi adopsi teknologi dalam bentuk pemanfaatan Robotik Artificial Intelligence (AI) pertama bernama “Bytorium”. Bytorium adalah ide yang diimplementasikan dalam karya kerja inovatif dengan sentuhan teknologi terbarukan yang tersertifikasi HKI Kemenkumham RI tahun 2024. Bytorium sebagai Robot Artificial Intelligence (AI) Laboratorium pertama menghadirkan pengalaman yang luar biasa pelayanan bercitarasa teknologi yang mampu berkomunikasi secara aktif, melayani, memproses dan mengolah data laboratorium selayaknya asisten laboratorium profesional. Permasalahan utama yang melatarbelakangi inovasi ini adalah terjadinya antrean panjang, ketidakpastian waktu tunggu layanan, keterbatasan akses akurasi data diagnostik serta keterbatasan jumlah tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan, khususnya di Laboratorium Puskesmas Dinoyo. Sistem antrian saat ini yang belum transparan dan pengelolaan data yang belum terintegrasi menyebabkan pelayanan menjadi lambat, tidak transparan, dan rentan terhadap kesalahan pencatatan data pasien juga diperburuk adanya penyerobotan nomor antrian yang tidak diinginkan. Kondisi ini menjadi serius dan rentan dengan masalah jamak ketersediaan tenaga kesehatan tidak sebanding dengan pasien yang ditangani, apabila kejadian ini berlangsung setiap hari di layanan maka berdampak kerugian secara materil maupun psikologis. Robot AI Bytorium merupakan terobosan inovatif dalam pelayanan laboratorium di fasilitas kesehatan tingkat pertama bahkan bisa dikembangkan untuk semua institusi yang lebih luas karena didesain secara generik sehingga mudah untuk dikembangkan sesuai kebutuhan. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi, peningkatan produktitas hasil kerja dan akurasi data, namun juga memberikan pengalaman pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat, memberi edukasi layanan kesehatan berkonsep AI, mendukung transformasi digital kesehatan nasional, dan menjadi model pengembangan layanan berbasis AI di Indonesia.
Inovator Team: Perorangan / kelompok / Institusi / Perusahaan / Organisasi
© 2025 IHIA – Indonesia Healthcare Innovation Awards Made with purpose. Supported by UPQuality
Comment Form